Senin, 03 Oktober 2011

pengertian etika

Definisi Etika
Secara Etimologi Etika berasal dari bahasa Yunani Ethos yang berarti sikap, cara berfikir, watak kesesuaian atau adat.
Ethos identik dengan Moral, yang dalam Bahasa Indonesia berarti akhlak atau kesusilaan yang mengandung makna tata tertib batin atau tata tertib hati nurani yang menjadi pembimbing tingkah laku batin dalam hidup.

Etika adalah ajaran atau ilmu tentang adat kebiasaan yang berkenaan dengan kebiasaan baik atau buruk yang diterima umum mengenai sikap, perbuatan, kewajiban dan sebagainya.
Etika adalah merupakan suatu cabang ilmu filsafat, tujuannya adalah mempelajari perilaku, baik moral maupun immoral dengan tujuan membuat pertimbangan yang cukup beralasan dan akhirnya sampai pada rekomendasi yang memadai yang dapat diterima oleh suatu golongan tertentu atau individu.

Contoh kasus monopoli yang dilakukan oleh PT. PLN adalah:
Fungsi PT. PLN sebagai pembangkit, distribusi, dan transmisi listrik mulai dipecah. Swastadiizinkan berpartisipasi dalam upaya pembangkitan tenaga listrik. Sementara untuk distribusi dantransmisi tetap ditangani PT. PLN. Saat ini telah ada 27 Independent Power Producer diIndonesia. Mereka termasuk Siemens, General Electric, Enron, Mitsubishi, Californian Energy,Edison Mission Energy, Mitsui & Co, Black & Veath Internasional, Duke Energy, HoppwellHolding, dan masih banyak lagi. Tetapi dalam menentukan harga listrik yang harus dibayar masyarakat tetap ditentukan oleh PT. PLN sendiri.Krisis listrik memuncak saat PT. Perusahaan Listrik Negara (PT. PLN) memberlakukanpemadaman listrik secara bergiliran di berbagai wilayah termasuk Jakarta dan sekitarnya, selamaperiode 11-25 Juli 2008. Hal ini diperparah oleh pengalihan jam operasional kerja industri kehari Sabtu dan Minggu, sekali sebulan. Semua industri di Jawa-Bali wajib menaati, dan sanksibakal dikenakan bagi industri yang membandel. Dengan alasan klasik, PLN berdalih pemadamandilakukan akibat defisit daya listrik yang semakin parah karena adanya gangguan pasokanbatubara pembangkit utama di sistem kelistrikan Jawa-Bali, yaitu di pembangkit Tanjung Jati,Paiton Unit 1 dan 2, serta Cilacap. Namun, di saat yang bersamaan terjadi juga permasalahanserupa untuk pembangkit berbahan bakar minyak (BBM) PLTGU Muara Tawar dan PLTGUMuara Karang.Dikarenakan PT. PLN memonopoli kelistrikan nasional, kebutuhan listrik masyarakat sangatbergantung pada PT. PLN, tetapi mereka sendiri tidak mampu secara merata dan adil memenuhikebutuhan listrik masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya daerah-daerah yangkebutuhan listriknya belum terpenuhi dan juga sering terjadi pemadaman listrik secara sepihak sebagaimana contoh diatas. Kejadian ini menyebabkan kerugian yang tidak sedikit bagimasyarakat, dan investor menjadi enggan untuk berinvestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar